Sejarah mobil pertama di Indonesia
Taukah anda mobil pertama yang menyentuh tanah nusantara kita ?
Bila anda tidak tau silah kan membaca artikel di bawah ini :)
Bila anda tidak tau silah kan membaca artikel di bawah ini :)
Kata Bung Karno Jangan sekali kali melupakan sejarah atau yang dikenal
sebagai Jas Merah. Sekali kali kita ngomong sejarah, bukan sembarang
karena masih ada hubungannya dengan dunia otomotif. Dari blog
sibabiat.multiply.com ada cerita yang mungkin bisa menambah wawasan
kita.
Siapa pemilik mobil pertama di Indonesia ? pertanyaan sederhana tetapi
susah menjawabnya. Dan ternyata orang Indonesia pertama yang tercatat
sebagai pemilik mobil adalah Pakubuwono ke X alias PB X yang berasal
dari Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz tetapi
di dapurpacu.com disebut sebagai Benz phaeton, beroda empat. Ternyata
waktu itupun untuk memiliki sebuah mobil harus indent, karena diperlukan
waktu satu tahun persiapan pembuatannya. Tipe mobil yang dipesan ini
memiliki banyak variasi dan dibuat sesuai dengan pesanan PB X. Adalah
John.C.Potter seorang penjual mobil alias sales pertama di Indonesia
mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.
Hebatnya, kehadiran ini berarti hanya berselang delapan tahun setelah
Karl Benz membuat mobilnya yang pertama, yang diakui sebagai mobil
pertama di dunia. Mobil Benz phaeton yang dipesan dari Eropa seharga
10.000 gulden itu menyandang mesin 1-silinder, 2,0 liter, bertenaga 5 hp, menggunakan roda kayu dan ban mati (ban tanpa udara), serta dapat memuat delapan orang.
Masuknya mobil pertama ke Surakarta pada 1894, membuat Indonesia berada
dua tahun di depan sang penjajah Belanda, yang baru menerima mobil
pertamanya di Den Haag pada 1896. Indonesia memiliki mobil juga jauh
lebih awal dari Thailand yang menerima mobil dengan merk Benz yang
pertama, pada tanggal 19 Desember 1904, mobil Benz bagi Raja Thailand
Chulalongkorn (Rama V). Mobil itu dipesan Duta Besar Thailand untuk
Prancis dari Automobile-Union Paris milik Emil Jellinek yang terletak di
39 Avenue des Champs Elysees, Paris.
Mobil Benz phaeton milik Pakoe Boewono X terakhir terlihat di muka umum
pada 1924, sewaktu mobil itu akan dikapalkan ke Belanda melalui
pelabuhan Semarang untuk diikutsertakan dalam pameran mobil RAI. Tidak
diketahui di mana keberadaan mobil tersebut sekarang, tapi mobil serupa
bisa ditemukan di Museum Mobil Leidschendam, Belanda bagian selatan.
Pada tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden
Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang
tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan
tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan
yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia. Malahan ada kabar
burung, bahwa dibelinya mobil Daimler tersebut oleh keluarga PB X
Surakarta, disebabkan karena PB X tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur
Jenderal.
Sebelumnya, ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat atau
sebuah kereta yang ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun berani
menyainginya. Tetapi tiba-tiba saja PB X Solo memesan mobil dari pabrik
dan merk yang sama, Kanjeng Raden Sosrodiningrat memesan mobil
Daimlernya lewat Prottel & Co.
Orang Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki
mobil pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk
memiliki dan mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan
nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang
Belanda dalam perjalanan keliling Maluku.
Sultan begitu terkesan dan langsung memesan sebuah mobil yang
disesuaikan dengan kondisi daerahnya, tidak seperti King Dick yang
beroda tiga, tetapi Sultan Ternate menginginkan kendaraan roda empat
yang bisa dibawa kemana saja bila ia inginkan.
Ada juga orang Indonesia yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk
daerahnya, di Pekalongan. Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati
Berebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah kelihatan mondar-mandir di
kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini dilengkapi dengan
persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu silinder dan
berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk
menggerakan roda-rodanya.
Pada 1902, mobil pertama hadir di Pulau Sumatera. Mobil itu adalah Benz
milik Prof Dr W Schrüffner di Medan, yang kemudian menjadi Kepala Deli
Automobile Club. Mobil Benz itu bermesin 2-silinder, berpendingin air,
bertenaga 5 hp. Lampu depannya menggunakan sepasang lentera. Prof Dr W
Schrüffner membeli mobil Benz-nya yang kedua pada 1910, yakni sebuah
Benz Persival, sedangkan British Daimler yang bertenaga 38 hp dimiliki
FA Folkersma di pabrik gula Ketanen, Gempolkerep, Mojokerto, Jawa Timur.
Ramainya pasar jual-beli mobil, menggugah minat para pengusaha kuat
untuk bertindak sebagai importir mobil. Gagasan untuk terjun ke dalam
dunia dagang sektor impor kurun waktu itu memang masih sangat langka.
Disamping belum adanya kepastian hukum, juga semangat beli masih bisa
dihitung dengan jari. Maka bermunculanlah perusahan-perusahaan baru yang
menjanjikan jasa kepengurusan pengiriman mobil dari negeri asal. Baik
dari Eropa maupun dari Amerika. Namun hanya ada beberapa nama saja yang
bisa bertahan sampai tahun-tahun menjelang Perang Dunia ke II. Diantara
mereka adalah R.S Stockvis & Zonnen Ltd, yang tidak saja mengurus
pesanan mobil-mobil Eropa maupun Amerika tetapi juga menyediakan
suku-suku cadang lain yang diperlukan untuk mobil dan motor. Juga nama
Verwey & Lugard dan Velodrome yang berkantor pusat di Surabaya.
Nama-nama lain yang kurang menerima pesanan impor seperti pemilik mobil
O’herne yang juga memiliki mobil Peugeot juga akhirnya berminat menjadi
perantara importir mobil seperti merk yang dimilikinya. Juga nama
H.Jonkhoff yang berangkat dari pengusaha Piano kemudian menanamkan
modalnya untuk bertindak sebagai agen impor mobil dari Amerika seperti
merk Ford, Studebaker dan mobil-mobil keluaran Jerman, Darraq, Benz,
Brasier, Berliet dan lainnya. Ada juga usaha untuk mendatangkan
mobil-mobil Italia dan Perancis yang pada saat itu di Batavia kurang
mendapat pasaran. Namun ternyata, setelah ditangani dengan
publikasi/promosi yang baik produksi kedua negara tersebut jadi banyak
dibeli, terutama mobil merk Fiat yang mungil bentuknya namun bertenaga
besar. Cabang para importir mobil tersebut bukan hanya di Batavia dan
Surabaya, tetapi ada juga di Semarang, Bandung, Medan dan kota lainnya.
0 Komentar Untuk "Sejarah mobil pertama di Indonesia"
Post a Comment
Catatan :
~ Usahakan Komentar Yang Sopan / Tidak Menyinggung
~ Tidak Mengandung Kata kasar
~ Tidak Berbau porno Atau sara
~ Boleh Berupa Kritik Atau Saran
~ Komentar Sesuai Artikel Di Atas
~ Diharapkan Untuk Tidak menulis Link Hidup / Aktif